RSS

Pertemuan ke 3 (Latar Belakang Masalah)

08 Okt

Nama : Nindy Zoraya

NPM : 13209834

Kelas : 3ea13

Judul :

Putus Sekolah Masih Menjadi Masalah

Tema :

Siswa yang Putus Sekolah

Latar Belakang Masalah :

Kondisi keterbatasan kemampuan sebagian masyarakat di beberapa Daerah/provinsi untuk mengelola pendidikan tampak masih relatif Tinggi angka putus sekolah.

1. Fenomena

Angka putus sekolah seluruh jenjang pendidikan di Indonesia selama 4 tahun terakhir masih di atas satu juta per tahun. Dari jumlah itu, sebagian besar 80% adalah mereka yang masih duduk di bangku pendidikan dasar ( SD-SMP).

Rata-rata anak putus sekolah seluruh jenjang pendidikan

 

JUMLAH SISWA

PERSENTASE  (%)

SD

700.000

5%

SMP

200.000

7%

SD – SMP

3%

2. Riset Terdahulu

–    Menurut kementerian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak (2009), angka putus sekolah di wilayah tersebut mencatat angka 1,45 persen, putus sekolah SD di empat wilayah lain mencapai 3-5 persen. Di tingkat SMP angkanya lebih tinggi lagi, yaitu 2-7 persen.

– Retno Setyowati Gito (2007), angka putus sekolah di wilayah ini tercatat sebanyak 1.738 anak, lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai sekitar 1.400-an anak. Menurutnya, faktor ekonomi menjadi penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah tersebut. “Dalam kondisi itu, anak terpaksa menjadi salah satu pencari nafkah dalam keluarga,” 3.

3. Motivasi Penelitian

Berdasarkan Fenomena dan Riset terdahulu dilihat secara persentase, Jumlah anak putus sekolah SD setiap tahun rata-rata berjumlah 700.000 siswa, sedangkan jumlah anak putus sekolah SMP berjumlah 200.000 siswa. Menurut kementerian Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (2009) angka putus sekolah di wilayah tersebut mencatat angka 1,45% , putus sekolah SD di empat wilayah lain mencapai 3-5 %. dan di tingkat SMP angkanya lebih tinggi lagi yaitu 2-7 %. Sedangkan Menurut Retno Setyowati Gito (2007), angka putus sekolah di wilayah ini tercatat sebanyak 1.738 anak, lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai sekitar 1.400-an anak. Karena faktor ekonomi menjadi penyebab utama meningkatnya angka putus sekolah tersebut.

4. Masalah

Bagaimana cara masyarakat mengelola pendidikan yang tampak masih relatif tinggi dengan angka putus sekolah di dalam bidang pendidikan.

5. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui penyebab terjadinya angka siswa yang putus sekolah yang didukung dalam bidang Pendidikan.

Sumber :

http://www.menegpp.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=117:putus-sekolah-masih-menjadi-masalah&catid=39:artikel-anak&Itemid=115

Tugas ini diberikan oleh Bapak Prihantoro

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 8, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: