RSS

Arsip Bulanan: April 2011

Khasiat Dan Manfaat Buah-Buahan Alami Bagi Tubuh Manusia – Ilmu Kesehatan Masyarakat

NAMA            :  NINDY ZORAYA

NPM               :  13209834

KELAS           :  2EA13

Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.

Di bawah ini kita dapat melihat kandungan, khasiat dan manfaat sehat dari beberapa jenis buah yang ada di bumi :

1. BUAH TOMAT (TOMATO)
– tomat mengandung vitamin A, B1 dan C.
– tomat dapat membantu membersihkan hati hati dan darah kita.
– tomat dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. gusi berdarah.
b. rabun senja / kotok ayam.
c. penggumpalan darah.
d. usus buntu.
e. kanker prostat dan kanker payudara.

2. BUAH PEPAYA (PAPAYA)
– pepaya mengandung vitamin C dan provitamin A.
– pepaya dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan.
– pepaya dapat mebuat lancar saluran pencernaan makanan.
– pepaya dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. menyembuhkan luka.
b. menghilangkan infeksi.
c. menghilangkan alergi

3. BUAH PISANG (BANANA)
– pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C.
– pisang dapat membantu mengurangi asam lambung.
– pisang bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
– pisang dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. gangguan pada lambung.
b. penyakit jantung dan stroke
c. stress
d. menurunkan kadar koleterol dalam darah.

4. BUAH MANGGA (MANGO)
– mangga mengandung vitamin A, E dan C.
– mangga dapat bertindak sebagai disinfektan.
– mangga dapat membersihkan darah.
– mangga dapat menanggulangi atau mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. bau badan / bb / bau tubuh yang tidak enak.
b. menurunkan panas tubuh saat demam.

5. BUAH STRAWBERRY (STRAWBERRY)
– stoberi mengandung provitamin A, vitamin B1, B dan C.
– stobery mengandung antioksidan untuk melawan zat radikal bebas.
– strawbery memiliki kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih.
b. menjadi anti virus
c. menjadi anti kanker

6. BUAH APEL (APPLE)
– apel mengandung vitamin A, B dan C.
– aple dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
– apel mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. menjadi zat anti kanker.
b. mengurangi nafsu makan yang terlalu besar.

7. BUAH JERUK (ORANGE)
– jeruk mengandung vitamin A, B1, B2 dan C.
– jeruk mengandung antikanker bagi tubuh.
– jeruk dapat mencegah dan mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. mengobati sariawan.
b. menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker, dan katarak.

8. BUAH PEAR / PIR (PEAR)
– pear mengandung vitamin C dan provitamin A.
– pear mengandung anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan.
– pear dapat mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. menurunkan demam / panas tubuh.
b. mengencerkan dan menhilangkan dahak pada batuk berdahak.

9. BUAH JAMBU BIJI MERAH / JAMBU MERAH (GUAVA)
– jambu merah mengandung vitamin C yang sangat banyak.
– jambu merah mengandung zat antioxidan dan antikanker.
– jambu merah mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. menurunkan kadar kolesterol darah
b. mengobati infeksi.
c. menjaga mengobati sariawan.
d. memperlancar peredaran darah.
e. melancarkan saluran pencernaan.
f. mencegah konstipasi.

10. BUAH SEMANGKA (WATERMELON)
– semangka mengandung vitamin C dan provitamin A.
– semangka dapat menjadi antialergi.
– semangka mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
seperti :
a. menurunkan kadar kolesterol.
b. mencegah dan menahan serangan jantung.

11. BUAH MELON (HONEYDEW)
– melon mengandung vitamin C dan provitamin A.
– melon mengandung zat anti kanker dan anti oksidan.
– melon mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. mencegah darah menggumpal.
b. membersihkan kulit.
c. menlancarkan saluran pencernaan.
d. menurunkan kadar kolestrerol.

12. BUAH WORTEL (CARROT)
– wortel kaya akan vitamin A.
– wortel baik untuk menjaga kesehatan mata.
– wortel mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. meningkatkan kekebalan dan ketahanan tubuh jasmani.
b. menjaga hati tetap sehat.

13. BUAH BELIMBING (STAR FRUIT)
– belimbing mengandung vitamin C dan provitamin A.
– belimbing dapat membantu memperlancar pencernaan makanan.
– belimbing mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. menurunkan tekanan darah.
b. menurunkan kadar / tingkat kolesterol dalam tubuh.

14. BUAH NANAS (PINEAPPLE)
– nanas mengandung vitamin B dan C.
– nanas dapat mencegah terkena serangan jantung dan stroke / struk.
– nenas dapat mengobati beragam penyakit dan gangguan kesehatan lain seperti :
a. menyembuhkan luka.
b. menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan.

Untuk menjadi sehat alami tanpa bahan kimia makanlah berbagai buah secukupnya setiap hari demi kesehatan badan kita yang sangat berharga.

 

http://organisasi.org/khasiat-dan-manfaat-buah-buahan-alami-bagi-tubuh-manusia-ilmu-kesehatan-masyarakat

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 13, 2011 in Uncategorized

 

8 Tanda Tubuh Anda Sudah Sehat

NAMA     :  NINDY ZORAYA

NPM        :  13209834

KELAS    :  2EA13

Pada dasarnya ada angka atau patokan yang harus kita ingat dalam urusan kesehatan. Artinya, kita harus tahu berapa angka tekanan darah yang normal atau kadar kolesterol. Dengan tahu angka-angka ini, kita bisa menjaga diri sehingga tak perlu sampai kebablasan dan menanggung akibat yang jauh dari menyenangkan. Menurut para pakar, setidaknya Anda perlu mendapatkan delapan angka penting ini, diantaranya:

1. Tekanan darah: 120/80
Menurut dr Arthur Tan, spesialis jantung dari Gleneagles Hospital, darah tinggi berpotensi menjadi pembunuh nomor satu di dunia di tahun 2020. Darah tinggi sering menyerang tanpa gejala. Oleh sebab itu, pemeriksaan tekanan darah rutin wajib hukumnya. Lakukan sebulan sekali dengan alat ukur digital pribadi, atau setahun dua kali oleh dokter.
Pastikan tekanan darah tidak lebih dari 120/80 mmhg. Paling tidak 10 di atas atau di bawah 120/80.

2. Kolesterol: 2 banding 1
Menurut dr Johanes Chandrawinata, MND, SpGK, apabila kadar kolesterol total kita di atas 200 mg/dL, itu disebut tinggi. Yang normal adalah jika di bawah 200 mg/dL. Dengan perhitungan, LDL (kolesterol buruk) di bawah 100 mg/dL dan HDL (kolesterol baik) di atas 45 mg/dL. Singkatnya, perbandingan antara LDL dan HDL adalah 2:1. Semakin tinggi kadar HDL, semakin tinggi pula perlindungan terhadap penyakit jantung koroner.

3. Lingkar pinggang: kurang dari 80 cm
Bagi wanita dewasa, ukuran lingkar pinggang sebaiknya tak lebih dari 80 cm. Kalau di atas itu, artinya di bawah perut ada tumpukan lemak yang tak diperlukan, dan membuat kita kelebihan berat badan. Ada dua jenis penumpukan lemak di area perut: di bawah kulit dan di dalam organ. Yang berbahaya adalah jenis kedua karena dapat mempertinggi risiko diabetes tipe-2, hipertensi, fatty liver, stroke, dan penyakit jantung koroner.

4. Inflamasi: di bawah 10.000
Inflamasi terjadi pada tubuh kita saat mengalami peradangan. Kita bisa mengetahui tingkat peradangan tubuh dengan mengukur kadar C-reactive protein (CRP) yang diproduksi oleh liver dan merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh. Menurut dr Wiwin, CRP yang normal adalah di bawah 10.000. Ini artinya, risiko kita mendapat gangguan jantung rendah. Tingkat peradangan di atas 15.000 harus diterapi dan dicari sumbernya karena mungkin ada penyakit terpendam, misalnya gangguan sistem imunitas.

5. Vitamin D: minimal 30
Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko gangguan hati, multiple sclerosis, gangguan imunitas, dan osteoporosis. Risiko osteoporosis ditentukan oleh gaya hidup, jenis kelamin, dan usia. Wanita lebih rentan mengalami kerapuhan tulang dibanding pria. Risiko bertambah ketika memasuki usia menopause.
Kita bisa mencegah osteoporosis dengan menabung kalsium sejak dini. Supaya penyerapan kalsium maksimal, tubuh kita perlu vitamin D. Untuk mengetahui berapa kadar vitamin D, lakukanlah tes darah. Kadar vitamin D per hari yang direkomendasikan adalah lebih dari 30.

6. Gula darah: kurang dari 140
The Western Pacific Declaration on Diabetes menyebutkan, diabetes melitus (bukan turunan) sudah menjangkiti remaja dan anak-anak. Faktor penyebab utamanya adalah kegemukan. Semakin banyak jaringan lemak (terutama di perut), semakin resistan otot dan sel terhadap insulin. Dengan kata lain, kegemukan dapat menghambat kerja insulin sehingga gula darah naik. Menurut dr Johanes, tinggi atau rendahnya kadar gula darah tergantung pada kondisi kita saat diperiksa. Kadar gula darah normal setelah berpuasa selama 6-8 jam, adalah 70-100 mg/dL, sedangkan kadar gula darah 2 jam setelah makan yang normal adalah di bawah 140 mg/dL.

7. Kepadatan tulang: -2,5
Untuk mengetahui seberapa padat tulang kita, lakukan tes kepadatan tulang atau bone mass density (BMD). Dr Michael Triangto, SpOK, mengatakan bahwa batasan osteoporosis adalah T-score -2,5. Jika nilainya lebih dari -2,5, berarti termasuk osteoporosis. Jika kurang, artinya osteopenia (sebelum masuk osteoporosis). Tes kepadatan tulang dianjurkan bagi wanita menopause, pernah patah tulang, punya riwayat keluarga osteoporosis, dan berstruktur tulang belakang tidak normal.

8. Denyut jantung istirahat: 60-80
Sehat atau tidaknya kondisi fisik kita bisa juga ditandai dengan denyut jantung saat istirahat (resting heart rate). Paling baik mengukur denyut jantung istirahat adalah ketika baru bangun tidur.
Caranya, tekan nadi di pergelangan tangan atau di leher di bawah rahang dengan jari telunjuk. Hitung denyutnya selama 15 detik, lalu hasilnya kalikan 4. Denyut jantung istirahat yang normal bagi wanita dewasa adalah 60-80 per menit. Jika denyut jantung istirahat seseorang melebihi batas, berarti jantungnya bekerja terlalu keras sehingga lebih berisiko mengalami serangan jantung atau stroke.

http://www.klipingku.com/2011/03/8-tanda-tubuh-anda-sudah-sehat

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 13, 2011 in Uncategorized

 

Sayur – Sayuran Sehat dan Manfaatnya

NAMA            :  NINDY ZORAYA

NPM               :  13209834

KELAS           :  2EA13

  • Wortel  Manfaat wortel bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Membantu pertahanan tubuh dari risiko kanker, terutama kanker paru-paru, kanker larynx (tenggorokan), esophagus (kerongkongan), prostat, kandung kemih dan cervix (leher).

3. Mencegah konstipasi atau kesulitan buang air.

4. Membantu meningkatkan ketahanan terhadap keracunan makanan.

  • Kubis (Kol) Manfaat kubis bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung dan terjadinya stroke.

2. Mengurangi resiko kanker lambung, kanker usus besar (kolon) dan kanker dubur.

3. Mengurangi resiko terserang katarak.

4. Mempercepat penyembuhan bisul dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

5. Menurunkan kada kolesterol jahat atau LDL ( Low Density Lipoprotein).

  • Paprika Manfaat paprika bagi kesehatan tubuh adalah sebagaI berikut:

1. Sebagai antioksidan.

2. Menurunkan kolesterol.

3. Mengatur suhu tubuh.

4. Mengobati infeksi hidung dan tenggorokan.

5. Menurunkan kadar gula dalam darah.

6. Mengobati luka, memar dan keseleo.

7. Menumbuhkan rambut.

  • Brokoli Manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1. Memperkecil resiko terjadinya kanker kerongkongan, perut, usus besar, paru, larynx, parynx, prostat, mulut dan payudara.

2. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung dan stroke.

3. Mengurangi resiko terkena katarak.

4. Membantu melawan anemia.

5. Mengurangi resiko terkena spina bifida (salah satu jenis gangguan kelainan tulang belakang).

  • Rumput Laut Manfaat Rumpurt Laut bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1. Sumber vitamin B12.

2. Mengurangi resiko terjadinya tumor payudara.

3. Menghasilkan iodine yang berfungsi menjaga kesehatan tiroid.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker.

  • Tomat Manfaat tomat bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung

2. Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.

4. Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia ( age-related macular degeneration).

5. Mengurangi resiko radang usus buntu.

6. Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.

7. Menghilangkan jerawat.

  • Bawang merah Manfaat Bawang Merah bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan kadar lemak dalam darah.

2. Mencegah penggumpalan darah.

3. Menurunkan tekanan darah.

4. Melemaskan otot bronchialpenderita asma.

  • Ubi  Manfaat Ubi bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Menunjang kesehatan jantung.

2. Sebagai antioksidan.

3. Membantu mengatasi gangguan anemia.

4. Membantu mengendalikan tekanan darah.

  • Daun Selada  Manfaat Daun Selada bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung dan terjadinya stroke.

2. Mengurangi resiko terjadinya kanker.

3. Mengurangi resiko terkena katarak.

4. Membantu mengurangi resiko spina bifida (salah satu jenis gangguan kelainan padda tulang belakang).

5. Membantu kerja pencernaan dan kesehatan organ hati.

6. Mengurangi gangguan anemia.

7. Membantu meringankan insomnia(sulit tidur) karenaketegangan syaraf.

  • Bit Manfaat Bit bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut :

1. Mengobati kantung empedu dan hati.

2. Mencegah anemia.

3. Menghancurkan sel tumor atau kanker.

4. Menurunkan kolesterol.

  • Kedelai  Manfaat Kedelai bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan kolesterol.

2. Menurunkan kadar gula darah.

3. Mencegah kanker payudara.

4. Mencegah kanker kolon.

5. Menghambat laju pertumbuhan kanker.

6. Mencegah osteoporosis.

 

http://pijatkeluargasehat.wordpress.com/2008/01/31/sayur-sayuran-sehat-dan-manfaatnya/

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 13, 2011 in Uncategorized